MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI JOYFUL LEARNING

Rindiani Repo Sidi, Tri Nova Yunianta

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi Aljabar dengan menggunakan Strategi Joyful Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII B  SMP Negeri 7 Salatiga. Teknik pengumpulan data pada peneliltian ini meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penerapan strategi joyful learning dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukan nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar  26,41%, setelah diberikan tindakan  pada siklus I dengan menggunakan strategi joyful learning mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 64,52% dengan siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau 77,41%. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar  siswa dengan penerapan strategi joyful learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi joyful learningdapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.