PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOMATH PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 SALATIGA

Muhammad Fajar Prasetyo, Erlina Prihatnani

Abstract


Abstrak: Pembelajaran matematika perlu untuk menyajikan latihan soal secara menarik, salah satunya menggunakan permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan Monopoli Matematika (monomath) yang valid, praktis dan efektif untuk proses latihan soal pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari langkah Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Permainan monomath ini bertemakan nasionalis. Monomath telah dinyatakan valid dari aspek materi dan aspek media pembelajaran dengan persentase berturut-turut 89,5% dan 89,8% keduanya termasuk kategori sangat baik. Monomath  telah diujicobakan kepada siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Salatiga dan menghasilkan indeks kepraktisan penggunaan sebesar 87,3%, masuk kategori praktis. Uji pair t-test dengan taraf signifikan α = 0,05 menghasilkan signifikan mendekati nol yang kurang dari 0,05 dengan rata-rata post test lebih tinggi daripada pre test. Berdasarkan ketiga hasil uji tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media ini valid, praktis, dan efektif. 

 

Kata-kata kunci: Permainan, monomath, persamaan garis lurus  research and development , model ADDIE.


Full Text:

PDF

References


Christianto Yuono (2015). Pengembangan media permainan monopoli percaya diri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wonodayu. Universitas Negeri Surabaya.

Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996), 109.

Eko Dwi Prasetyo (2016). Pengembangan Permainan Monola (Monoppoli Berjendela) Akuntansi Sebagian Media Pengayaan Pad Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Universitas Negeri Surabaya

Nendy Ramadhani Kusdianingrum (2016). Pengembangan media educational game “monopoli fisika asik (mosik)” pada mata pelajaran IPA di SMP. Universitas Jember

Rahman, Arief Aulia. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP N 3 Langsa. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 4(1), 26-37.

Regina Widi Dewanti (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnaments (TGT) Dengan Permainan Monopoli Pada Materi Prisma Dan Limas Kelas VIII SMP Katolik Angelius Cutos 1 Surabaya

Roestiyah N K ,Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Bina Aksara, 1985), hlm. 130.

Sadiman. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Shalahuddin, Metodologi Pengajaran Agama (Surabaya: Bina Ilmu, 1987), 100.

Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Thoriqurrofi’ Faiz Muhammad (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Materi Menjumlahkan Dan Mengurangkan Berbagai Bentik Pecahan Kelas V SD. Universitas Muhammadiyah Malan

Utomo. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Persamaan Kuadrat Menggunakan Adobe Flash Cs6. Salatiga : UKS


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.