PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATEMATIKAPADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Dhita Agoes Prihanto, Tri Nova Hasti Yunianta

Abstract


Abstrak: Komik merupakan salah satu media komunikasi yang cukup digemari. Komik dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang termasuk Pendidikan. Dalam penelitian ini akan dikembangkan media komik matematika untuk kelas V SD pada materi Pecahan. Penelitian ini menggunakan Model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan menggunakan subjek siswa kelas V SD Negeri Noborejo 2 sebanyak 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya lembar validasi, lembar kepraktisan, lembar pendapat siswa serta soal pretest dan posttest. hasil penelitian menunjukkan bahwa komik matematika Valid dengan nilai Validitas Materi sebesar 82,5% yang termasuk dalam kategori baik dan Validitas Tampilan sebesar 83,4% yang termasuk dalam kategori baik serta Validitas Kepraktisan dengan nilai Kepraktisan sebesar 87,2% yang termasuk dalam kategori sangan baik. Selain itu, komik matematika juga dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai N-Gain sebesar 0.89 yang termasuk dalam peningkatan tinggi dan mendapat respons positif dari siswa sehingga komik matematika efektif digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: Komik Matematika, pecahan


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. (Cetakan ke-15). Jakarta: Rajawalli Pers.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat & Logika. Jakarta: Ar-Ruzz.

Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Novianti, R. D. (2010). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Ngembung. Jurnal Unesa. Vol. 1 No. 1 halaman 1-17. Universitas Negeri Surabaya.

Pribadi, A. B. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rahman, Arief Aulia. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP N 3 Langsa. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 4(1), 26-37.

Restian, Wisnu. (2017). Pengembangan Media Komik Matematika Pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Bagi Siswa Kelas IV SD. Repository UKSW. Universitas Kristen Satya Wacana.

Septy, Liana. (2015). Pengembangan Media Komik Pada Materi Peluang Kelas VIII. Jurnal Dedaktik Matematika. Vol. 2 No 2, September 2015: halaman 16-26. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Setyosari, Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Subekti, Agustinus. (2011). Ensiklopedia Matematika Jilid I. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi.

Sudjana, N & A. Rivai. (2013). Media Pengajaran. Cetakan ke-11. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Richard. (2013). Kalahkan Jepang, Indonesia Peringkat 2 di Dunia Pembaca Manga. Website: http://jogja.tribunnews.com/2013/11/29/kalahkan-jepang-indonesia-peringkat-2-di-dunia-pembaca-manga. (diakses pada 20 Juni 2017, 16.13.

Toh, T.L. (2007). Use of Cartoon and Comics To Teach Algebra In Mathematics Classroom. Singapore: National Institute of Education, Nayong Technological University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.