PENERAPAN MODEL SEARCH-SOLVE-CREATE-SHARE UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA 4.4

Eka Senjayawati, Martin Bernard

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan kemampuan n penalaran matematis mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model SSCS tanpa bantuan geogebra, model SSCS dengan bantuan Software Geogebra 4.4 dan pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 sebanyak tiga kelas pada mata kuliah Geometri Euclid. Dari ketiga kelas tersebut, satu kelas sebagai kelas eksperimen 1, satu kelas sebagai eksperimen 2 dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu  terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis  antara mahasiswa yang memperoleh model pembelajaran SSCS tanpa Geogebra, model SSCS berbantuan Geogebra dan model pembelajaran biasa. Kemampuan penalaran matematis tergolong cukup baik.

Kata Kunci : Penalaran Matematis, Model Search-Solve-Create-Share, Geogebra 4.4.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ariawan, I. P. W. (2012). Pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran Geometri Bidang Berbantuan Open Software Geogebra. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(2).

Barnard, T. (2000). Why Are Proofs Difficult?. Dalam The Mathematical Gazette [Online], Vol. 84, No. 501 (Nov., 2000), pp. 415-422. Tersedia: http://www.jstor.org [13 Februari 2013]

Bernard, M. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran serta disposisi matematik siswa SMK dengan pendekatan kontekstual melalui game adobe flash cs 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197-222.

Mihailova, M., Maszilu, M. I., Velikova, E. (2014), Transition From 2D to 3D with Geogebra. Romanian Journal of Mathematics and Computer Science. Volume 4, Issue 2 P209-222, https://doaj.org/article/1fbfa8511173484db8ccbb33a527ca36, 2014.

Park, E. J., Son, H. Y., Kwon, W. O., Yang, C. H., Choi, S. K. (2010). Constructing 3D graph of function with GeoGebra(2D), Paper will be presented at First Eurasia Meeting of GeoGebra, Istanbul, Turkey.https://tube.geogebra.org/material/show/id/14858.

Pizzini, E.L. (1991). SSCS Implementation Handbook. Lowa: Science Education Centre The University

Sumarmo,U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada Peserta Didik. [Online]. Tersedia: http://math.sps.upi.edu/wp-content/upload/2010/02/ BERPIKIR-DAN-DISPOSISI-MATEMATIK-SPS-2010.pdf. [10 Mei 2014].

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuser Cipta Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.