PENGEMBANGAN ALPER ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SALATIGA

Aulia Dewi, Novisita Ratu

Abstract


Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga untuk siswa kelas VII SMP khususnya pada materi pengenalan bentuk aljabar serta operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah R & D (Research and Development). Model pengembangan pada penelitian ini adalah ADDIE (Analyyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Salatiga. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, pretest dan posttest, lembar pendapat siswa. Analisis data meliputi analisis hasil observasi, analisis validasi dan kepraktisan, analisis keefektifan yang dilihat dari hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ALPER aljabar matematika Valid karena ALPER aljabar matematika telah melalui tahap validasi dari 3 validator dan telah melalui revisi berdasarkan kritik dan saran validator yang meliputi aspek ALPER, tampilan, dan materi. Berdasarkan hasil validasi dari keseluruhan aspek diperoleh 80,73% yang termasuk dalam kategori baik. Efektif, dilihat berdasarkan pretest dan posttest yang dianalisis dan dihitung peningkatannya menggunakan N-Gain, hasilnya terdapat peningkatan sebesar 0,47 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Praktis, berdasarkan hasil angket kepraktisan ALPER aljabar matematika yang diperoleh dari 28 orang siswa pengguna ALPER diperoleh presentasi 81,6% dan termasuk dalam kategori tinggi.  

 

Kata Kunci:  pengembangan ALPER aljabar, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Alief Ahdian Fajar Arifin. (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Macromedia Flash Proffesional 8 pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Kelas VII. UIN Sunan Kalijaga

Ibrahim Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakata: Suka-Press

Nasaruddin. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khawarizmi III, 21-30

Rahmawati Suharno. (2017). Pengembangan Alat Peraga Matematika Materi Pembagian untuk Anak dengan Berkesulitan Belajar Matematika (Diskalkulia) di SD Negeri Mertelu. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Rif’atul, M. (2014). Penggunaan Blok Aljabar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar di Kelas VIII MTs Siti Mariam Banjarmasin Tahun Ajaran 2014/2015. IAIN Antasari

Wina S. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.