DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP EKSPONEN BERBASIS TEORI APOS PADA SISWA SMA THERESIANA SALATIGA

Dewi Yuliana, Novisita Ratu

Abstract


Abstrak: Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan menangkap makna atau arti suatu ide atau pengertian-pengertian pokok dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep eksponen berbasis teori APOS pada siswa SMA Theresiana Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 3 siswa yang diambil dari siswa SMA Theresiana Salatiga dengan kategori berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek berkemampuan tinngi memiliki pemahaman pada tahap aksi, proses, objek, dan skema. Subjek berkemampuan sedang memiliki pemahaman pada tahap aksi, objek, dan skema. Dan subjek berkemampuan rendah memiliki pemahaman pada tahap aksi. Ketiga subjek pada topik eksponen sama-sama memiliki pemahaman pada tahap aksi.

 

Kata kunci: Pemahaman Konsep, Eksponen, APOS


Full Text:

PDF

References


Andriyani, Dewi. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Asiala, Mark, dkk. (2004). A Framework for Reseacrh and Curriculum Development in Undergraduate Mathematics Education. http;//www.crme.soton.ac.uk/publications/gdpubs/schemes.html. Diunduh: 20 September 2013.

Hudojo, Herman. (1993). Mengajar Belajar Matematika. Surabaya: Usaha Nasional.

Montreal: Concordia University Montreal, Quebec, Canada. http://spectrum.library.concordia.ca/975433/. Diunduh: 20 September 2013.

Nurdin, Lasmin. (2005). Analisis Pemahaman Siswa Laboratorium Universitas Negeri Malang Tentang Barisan dan Deret Berdasarkan Teori APOS. Thesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Rohana. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Palembang: Prosising PGRI.

Suryadi, D. (2011). Membangun Budaya baru dalam Berpikir Matematika. Bandung: Rizqi Press. (online). http://www.scribd.com/doc/93456342/Membangun-Budaya-Baru-Dalam-Berpikir-Matematika. Diakses 5 Juli 2016.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Tabaghi, Shiva. (2007). APOS Analysis of Student’s Understanding Of Logarthm. Thesis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.