KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT

Fakhrul Jamal

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru matematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 11 guru matematika di Sekolah Menegah Pertama Negeri Kecamatan Johan Pahalwan Kabupaten Aceh Barat. Data dikumpulkan melalui Observasi dan tes, Observasi dilakukan untuk pengamatan dokumen perangkat pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, Tes untuk melihat kompetensi pedagogik. Hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran sudah baik, hal ini terlihat dari banyaknya guru yang sudah mampu menyusun rencana pembelajaran. Kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran sudah baik, namun belum sesuai dengan kegiatan yang termuat di RPP dan masih ada guru yang tidak mengunakan media pembelajaran dan tidak mengilustrasikan konsep pembelajaran dalam kehidupan nyata. Kemudian langkah-langkah yang tercantum di RPP tidak semua terlaksana dalam pembelajaran. Kompetensi pedagogik guru dalam menjawab soal yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik belum baik, hal ini terlihat masih banyak guru yang belum menjawab dengan benar soal tentang karya ilimiah, asesmen lapangan, penilaian sikap siswa dan portofolio. Disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru belum sangat baik.

 

Kata kunci : Kompetensi guru, sertifikasi, kompetensi guru SMP


Full Text:

PDF

References


Buchari, A, dkk. 2009. Guru Profesional. Bandung: CV Alfabeta

Bafadal, Ibrahim 2008. Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta : Bumi Aksara

Chik, Baker, M. Pham, T. (2006). Aspects of Teacher Pedagogical Knowledge for Decimals. In Novotna, J.Moraova, H., Kratka, M dan Stehlikova, N. (eds), Proc. 30th conf of the Int. Group for the Psychology of Mathematics Education ( Vol. 2, pp. 297-304). Prague. PME

Mulyasa, E. (2007) Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Martinis, Y dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press

Srie. (2013, Februari 25). Berita dan Opini Edukasi. Dipetik Januari 8, 2014, dari

Srie.org: http://www.srie.org

Laili, F, (2014), Studi Evaluative Terhadap Profesionalisme Guru Pascaa Sertifikasi Di Smp Negeri 1 Sewon Bantul. Tesis Pasca Sarjana UIN Sunan kalijaga, Yogyakarta

Pemendiknas, (2007). Permendiknas No 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru

Undang-undang. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Sugiono, (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Rnd. Bandung: Alfabeta

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.