ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR YANG DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Fira Novianti, Tri Nova Hasti Yunianta

Abstract


Abstrak:  Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bentuk aljabar yang ditinjau dari perbedaan gender. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C diantaranya satu siswa laki-laki yang berkemampuan berpikir tinggi (SLT), satu siswa perempuan yang berkemampuan berpikir tinggi (SPT), satu siswa laki-laki yang berkemampuan berpikir sedang (SLS), satu siswa perempuan yang berkemampuan berpikir sedang (SPS), satu siswa laki-laki yang berkemampuan berpikir rendah (SLR), satu siswa perempuan yang berkemampuan berpikir rendah (SPR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan tinggi yaitu SLT dan SPT memenuhi aspek kefasihan dan fleksibilitas sehingga tingkat kreativitas menunjuk pada tingkat ke-3 (kreatif). Siswa yang berkemampuan sedang yaitu SLS dan SPS hanya memenuhi aspek kefasihan sehingga tingkat kreativitas menunjuk pada tingkat ke-1 (kurang kreatif). Siswa yang berkemampuan rendah tidak dapat memenuhi semua aspek berpikir kreatif sehingga tingkat kreativitas menunjuk pada tingkat ke-0 (tidak kreatif).

 

Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, gender, aljabar


Full Text:

PDF

References


Alhabbah, M.A.Z.2015.Analisis Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar Siswa Kelas VII-G Mtsn Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Fakih. 2006.Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Hodiyanto. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah Ditinjau Dari GenderPada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Vol. 3 No. 1, Juni 2014.

Irawan, Deddy. 2015.Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Melalui Pembelajaran Model 4K Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII. Skripsi.Semarang: Program Studi Pendidikan Matematika.FMIPA. Universitas Negeri Malang.

Lisliana, Hartoyo, A., Bistari. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Segitiga Di SMP. Jurnal, 5(11). Program Studi Matematika. FKIP. Untan Pontianak.

Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurmasari, N., Kusmayadi, T. A., Riyadi. 2014. Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(4), 351-358, Juni 2014.

Silver, E. A. 1997. Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Zentralblatt fur Didaktik der Mathematik (ZDM)-The International Journal on Mathematic Education (Online). Tersedia: http://emis.de/journals/ZDM/zdm973a3.pdf

Siswono, T.Y.E. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa Uniersity Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Suhapti, R. 1995. Gender dan Permasalahannya. Buletin Psikologi. Tahun III. No. 1. 44-49.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.