DESKRIPSI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Nur Hanifah, Sutriyono Sutriyono

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi geometri ditinjau dari perbedaan gender. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa SMP Negeri 3 Salatiga yang terdiri dari tiga siswa laki-laki dan tiga siswa perempuan. Pemilihan subjek berdasarkan rekomendasi dari guru mata pelajaran matematika. Keenam siswa tersebut memiliki kemampuan matematika yang sama dan telah memenuhi kecukupan pengetahuan dan ketrampilan matematika pada materi bangun datar. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan dilanjutkan dengan wawancara secara individual untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan lebih unggul dari siswa laki-laki dalam representasi berupa pernyataan matematika atau notasi matematika, siswa perempuan lebih unggul daripada siswa laki-laki dalam representasi visual yang berupa gambar, siswa laki-laki lebih unggul daripada siswa perempuan dalam reprsentasi berupa teks tertulis/kata-kata.

 

Kata kunci: representasi matematis, bangun datar, gender.


Full Text:

PDF

References


Karunianingsih, Ari. 2007. Penyesuaian Sosial pada Eks-Tapol PKI. Salatiga: UKSW.

Cahaya Prihandoko. 2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikannya dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Beserta Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum untuk Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) beserta Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Effendi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 13, h. 2.

Sabirin, Muhammad. 2014. Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Banjarmasin: IAIN Antasari.

Hudoyo, H (2002). Representasi Belajar Berbasis Masalah. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya. ISSN: 085-7792. Volume viii, edisi khusus.

Cai, Lane, Jacabcsin (1996). “Assesing Students’ mathematical communication”. Official Journal of Science and Mathematics. 96(5).

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Andri. 2012. Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1. Yogyakarta: UNY.

Moleong, Lexy J. 2010. Motodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Handayani Tri & Sugiarti. 2002. Konsep dan Teknik Penelitian Gender. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Offset

Moleong, Lexy J. 2007. Motodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Aisyah, S. (2012). Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Mathematical Modelling Dalam Model Problem Based Learning. Bandung: UPI.

Dewi, Izwita. 2017. Analisis Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Universitas Negeri Medan.

Fuad, Moh. Nasrul. 2016. Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Universitas Begeri Surabaya.

Mustangin. (2015). Representasi Konsep dan Peranannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Volume I, Nomor 1, Februari 2015, Halaman 15-21 ISSN: 2442-4668.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.