PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS. YATABU SURABAYA

Achmad Basori Alawi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di MTs. YATABU dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Chips. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. YATABU Surabaya yang berjumlah 26 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrument dalam penelitian ini adalah soal tes tulis, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar obsevasi Aktivitas Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 88,46% dari seluruh siswa telah  mencapai ketuntasan secara individu (KKM ≥ 75), Aktivitas siswa selama proses menunjukkan peningkatan dengan persentase peningkatan aktivitas siswa aktif dari siklus I ke siklus II sebesar 2,39% dan siswa dikategorikan aktif dalam pembelajaran, Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh rata-rata keseluruhan 87,65% dengan kategori sangat baik. Sehingga penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Chips dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII MTs. YATABU Surabaya.

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Chips.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Ibrahim, M, dkk.2000. Pembelajaran kooperatif. Surabaya : University Press.

Johnson, D.W., & Johnson, R., (1994). Learning together and alone: Cooperative, coompetitive, and individualistic. Englewood Cliffs, N.J,: Prentice Hall.

Kiki, A. R., Budiyono, & Dewi, S. R. (2017). Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan NHT ditinjau dari kecerdasan interpersonal siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 15-27.

Kunandar. (2008). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: Rajawali Press.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikan cooperative Learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Purwanto, N. (2009). Prinsip-pinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Sudjana. (2012). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter, konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.