PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI PELUANG MELALUI PENDEKATAN TEACHING MATHEMATICS FOR SOCIAL JUSTICE (TMSJ)

Dewi Asyiyah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa, aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan pendekatan TMSJ , Respon Siswa serta penanaman nilai keislaman pada siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Teaching Mathematics for Social Justice (TMSJ) pada materi peluang dengan mengkombinasikan fase-fase kooperatif learning. Penelitian ini dilaksanakan di MTs YATABU surabaya dan kelas VIII-A sebagai subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa 68 telah tuntas belajar dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 75,08%. Aktivitas yang dominan muncul seketika pembelajaran dengan pendekatan Teaching Mathematics for Social Justice  yakni menuliskan informasi yang didapat sebesar 30,70%. Selanjutnya, respon siswa 92% siswa lebih memahami materi peluang dengan menggunakan pendekatan Teaching Mathematics for Social Justice (TMSJ).

Kata kunci : Penerapan, Pendekatan Teaching Mathematics for Social Justice (TMSJ), Pembelajaran Kooperatif, Strategi Keislaman.


References


Arends. 2008. Learning to teach: Belajar untuk mengajar edisi ketujuh buku dua. Yogyakarta :Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Eka, Nadia. 2017. Penerapan teaching mathematics for social justice pada materi penyajian data kelas VII SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol. 2 No.6

Gutstein E. 2003. Teaching and learning mathematics for social justice in an urban, latino school. Journal for Research in Mathematics Education.

Gutstein E. 2006. Reading and writing the world with mathematics Toward A Padagogy for Social Justice. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Kohar, Ahmad Wachidul. 2010. Makalah Seminar Pendidikan Matematika “Membumikan Pendidikan Nilai Melalui Integrasi Islam dalam Pembelajaran Matematika”. FMIPA UNESA. Online ps://www.academia.edu. diakses pada tanggal 25 Maret 2019.

Murrey, D., & Sapp, J. 2008. M4K1NG NUM3ER5 COUNT : How Social Justice math can help students transform people, politics and communities. Teaching Tolerance, 33, 51-55.

Nana Syaodih, Sukmadinata. 2007. Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Salafuddin. 2015. Pembelajaran matematika yang bermuatan nilai islam. Jurnal Penelitian Jurusan Tarbiyah. Vol. 12 No. 2 : hal 223-243.

Wahyuni, Hana Dwi. 2018. Ada nilai islami dalam pembelajaran matematika. Diakses dari: https://www.academia.edu/36774251/ 23 Maret 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.