MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW (TIM AHLI) DAPAT MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII IIS MATERI JURNAL KHUSUS PADA SMA NEGERI 1 BUBON ACEH BARAT

Salmah Salmah

Abstract


ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw (Tim Ahli), pada materi jurnal khusus di SMAN 1 Bubon Aceh Barat pada kelas XII IISyang berjumlah 25 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan keaktifan siswa siswa pada materi jurnal khusus. Untuk mengetahui keaktifan siswa dengan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw, dilakukan penilaian kognitif. Dari hasil penilaian tersebut, ternyata keaktifan siswa mengalami peningkatan, yaitu pra siklus siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 4 siswa (16,00%), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 21 siswa (84,00%), Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 18 siswa (72,00%), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 7 siswa (28,00%), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 22 siswa (88,00%) dan sebanyak 3 siswa (12,00%) belum mencapai ketuntasan belajar.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw (Tim Ahli) di SMAN 1 Bubon Aceh Barat pada kelas XII IISdapat meningkatkan keaktifan siswa siswa pada materi jurnal khusus.

Kata Kunci: Kooperatif, Jigsaw, keaktifan.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M.1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Erlangga.

Hidayati, N. 2009. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran metode penugasan terhadap Keaktifan siswa SMA Negeri 4 Malang. Abstrak, (Online), (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/2326., diakses 13 Maret 2010).

Johar, R., Nurfadhilah, dan L. Hanum. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh : FKIP Universitas Syiah Kuala.

Lie, A. 2003. Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning

di Ruang-ruang Kelas). Jakarta : Grasindo

Muhibbah, Luluk. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 4 Malang. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi akutansi/article/view/2442.

Mcklar.2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keaktifan siswa Siswa Pada Mata Diklat. http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi/skripsi-lainnya/penerapan-pembelajaran-kooperatif-model-group-investigation-untuk-meningkatkan-motivasi-dan-has

Oemar Hamalik.1993. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Roestiyah, N.K. 2001. Stratejigsaw Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santosa, Hendra. 2007. Penerapan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Metode Penelitian I. http://karawitan.isi-dps.ac.id/?p=148.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning, Printed in United states of Amirica.

Susilowati, A. 2009. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Ekonomi Realistik Sekolah Dasar Berbasis Media dan Berkonteks Lokal Surakarta. Skripsi, (Online), (http://etd.eprints.ums.ac.id/3409/2/A410050010.pdf., diakses 3 Maret 2010).

Widodo, Racmad. 2009. Model Pembelajaran jigsaw. http://wyw1d.wordpress.com/2009/11/09/model-pembelajaran-15-group-investigation-sharan-1992/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.