STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION DAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Dazrullisa Dazrullisa, Sumiati Waruwu

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan strategi Learning Start With A Question dan strategi pembelajaran Question Student Have pada materi logika matematika di kelas X SMAN 1 Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kuala tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dari tiga kelas yaitu X MIA1, X MIA2 dan X IIS1. Pengambilan sampel menggunakan proposive sampling dan didapat sampel yaitu kelas X MIA1 Sebagai kelas eksperimen Imenggunakan strategiLearning Start With A Question dan kelas X MIA2 sebagai kelas eksperimen II menggunakan strategiQuestion Student Have. Instrumen tes yang di gunakan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk essay. Hasil perhitungan uji hipotesis yang didapat adalah Thitung 39.197 ≥Ttabel  1.685, maka Ha yang berbunyi Terdapat perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question dan Question Student Have pada materi logika matematika kelas X SMAN 1 Kuala, dinyatakan diterima, H0 ditolak.

 

Kata kunci:Learning Start With A Question dan Question Student Have, Hasil Belajar Siswa, Logika Matematika.


Full Text:

PDF

References


Dazrullisa. 2018. Pengaruh lembar kerja siswa (LKS) berbasis keaktifan lokal terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Jurnal BINA GOGIK. Volume 5 No 2, September 2018.

Dazrullisa. 2017. Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Pada Materi Aljabar Siswa SMP. Jurnal MAJU. Volume 4 No. 1,Maret 2017

Dimyati dan Mudjono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan kelima. Jakarta : Rineka Cipta

Kintamani, I.2008.Analisis Indeks Pembangunan Manusia. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, No 72, tahun ke 14. Depdiknas.

Silberman. 2013. Pembelajaran aktif : 101 strategi untuk mengajar secara aktif. Jakarta : PT. Indeks

Suherman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA

Syamsuddin. 2008. Psiskologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosda

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam kurikulum tinggat kesatuan pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara

Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Insan Mandiri


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.