PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI I MEUREBO

Lutfi Rhofiqah, Yuli Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan penalaran matematik siswa terhadap kemampuan penlaran matematik siswa kelas xi SMAN I Meurebo; 2) Untuk mengetahui seberapa besar oengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan penalaran matematik siswa kelas XI SMAN I Meurebo.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian level treatment by level disingn. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan sampel siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model RME dan kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Hasil analisis data didapatkan rata-rata nilai kelas kontrol 77,80 dan rata-rata kelas eksperimen adalah 86,27. Berdasarkan uji regresi linier sederhana yang dilakukan diperoleh pengaruh model pembelajaran RME sebesar 15,21 % dan pengaruh model pebelajran PBL sebesar 33,96 %.

Kata kunci : Problem Based Learning (PBL) dan Kemampuan Penalaran


Full Text:

PDF

References


Arikunto,S.2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hartono, J.2014.Metode Penelitian. Edisi ke-6. Yogyakarta Universitas Gajah Mada.

Hosnan, M.2014.Pendekatan Saintific dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Kintami, I.2008.Analisis Indeks Pembangunan Manusia. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, No 72, tahun ke 14. Depdiknas.

Poppy,Y.2012.Pengaruh Model Pembelajaran Auditiory, Intelectually and Repitition (AIR) Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa SMP.Skripsi FKIP Matematika Universitas Pasundan( dipublikasikan http://digilib.unpas.ac.id/gdl.php?..diakses 25 desember 2018)

Risnawati.2014.Strategi Pembelajaran Matematika.Pekanbaru: Suska Press

Rusman.2013.Model-model Pembelajaran (mengembangkan Profesional Guru). Jakarta: Raja Graha Indonesia

Sanjaya, W.2007.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta; Kencana Prenada Media Grop.

Tanjung, H.S. 2012. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pokokpecahan Di Kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Skripsi tidak diterbitkan. Padangsidimpuan. STKIP Tapanuli Selatan.

Wildani,I.2011.Penerapan model Pembelajaran Kolaboratif Murder Untuk Meningkatkn Kemampuan Penalaran dan PemecahanMasalah Matematis, Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Aliyah Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Tessis Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. (http://respositorry.upi.edu/tesisview.php?no_tesis=1777, diakses 25 desember 2018)

Yanto,U.S.2010. Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matemtik Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Universitas Indonesia dan Balai Penataran Guru Tertulis.Vol.1 No.2 (http://directoryJURNALEDUCATION.yanto_pernama_layoutpdf) diakses 28 desember 2018

Zakaria,A.2014.Perbandingan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMP antara yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan strategi konflik kognitif piaget dan hasweh. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Vol.2 No.1 (http://respository.upi.edu?6615/4/S_MTK_0905569) diakses pada 25 desember 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.