Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 1 Samatiga Kabupaten Aceh Barat

Atini Atini

Abstract


ABSTRAK

Masalah hasil belajar siswa di sekolah masih banyak yang mengalami masalah, terutama hasil belajarnya masih rendah. Hal disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya masih ada guru yang belum mampu menggunakan metode yang benar. Peneltian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Januari sampai dengan Maret 2017 di SMP Negeri 1 Samatiga yang bertujuan untuk mengetahui dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII pada materi Himpunan pelajaran Matematika dengan menggunakan model GI pada SMP Negeri 1 Samatiga. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII Negeri 2 Meulaboh yang jumlah siswanya 30 orang siswa sebagai subjek penelitian, untuk memperoleh data penulis menggunakan  teknik pengumpulan data  tes dan non tes. Setelah data terkumpul dengan baik diolah dan dianalis dengan cara membandingkan antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa Kelas VII SMA Negeri 1 Samatiga pada materi Himpunan dengan menggunakan model GI. Hal ini terbukti pada siklus I dari 30 orang siswa hanya 19 (63,33%) yang yang tuntas secara klasikal, sedangkan setelah siklus II meningkat menjadi 28 orang siswa atau (93,33%)  yang tuntas secara klasikal.

 


Kata Kunci:   Kooperatif, GI, hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Johar, R., Nurfadhilah, dan L. Hanum. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh : FKIP Universitas Syiah Kuala.

Lie, A. 2003. Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning

di Ruang-ruang Kelas). Jakarta : Grasindo

Oemar Hamalik.1993. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryanto A, Haryanta A. 2006. Matematika Kelas X : Jakarta. Erlangga

Widodo. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.