PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATERI LINGKARAN

Abu rahman

Abstract


 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri Seribu Bukit, sedangkan sampel adalah kelas XI MIA.1 sebanyak 35 orang siswa, yang diambil secara acak. Adapun instrument penelitian adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan angket. Data dianalisis sesuai dengan tingkat capaian tujuan efektivitas model pembelajaran Take and Give menggunakan statistik inferensial, aspek pemahaman siswa menggunakan statistik deskriptif dan aspek sikap menggunakan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Take  and  Give  mencapai kelulusan 89,75% dan  minat belajar siswa dengan  model  pembelajaran Take  and  Give  mencapai  83,02%. Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Take and Give pada kelas XI SMA Negeri Seribu Bukit pada topik lingkaran adalah efektif.

 

Kata Kunci: pembelajaran matematika, model pembelajaran take and give

 


Full Text:

PDF

References


Anthony. 2006. Pendekatan Pemecahan Masalah. Bandung: Kaifa.

Istarani. 2011. 58 Model PembelajaranInovatif. Medan: Media Persada.

Ratumanan, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Ambon: Unesa University Press. Sanjaya. Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Slameto, 2001. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.