PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 KUALAKABUPATEN NAGAN RAYA

Siti Aminah Nababan, Iskandar Iskandar

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menuntut kompetensi profesional guru dalam berkewajiban menyusun perangkat pembelajaran secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan. Sejauh ini, dari segi isi dan kualitas perangkat pembelajaran yang diterapkan guru masih belum tergolong baik karena fakta bahwa perangkat yang dikembangkan oleh guru belum pernah diuji validitas, kepraktisan maupun keefektifannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pemebelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif melalui Pendekatan Matematika Realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Kuala Kabupaten Nagan Raya.Tujuan Khusus dalam penelitian ini adalah 1). Mengahasislkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar; 2) Mengetahui peningkatan berpikir kritis siswa dengan menggunakan perangkat pemebelajaran yang di kembangkan berorientasi model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan model 4-D, yaitu: pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS). Sedangkan model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Realistik Mathematics Education (RME). Prinsip dalam model RME adalah mendorong siswa untuk menggali berbagai gagasan matematika dan mengkontruksi pengetahuan sehingga meningkatkan kemampuan pemecahan matematik siswa. Dalam hal ini siswa  harus aktif mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan diberi kebebasan untuk mengekspresikan jalan pikirannya.

Kata-kata kunci : Pemebelajaran Matematika Realistik; kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nababan, S.A. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis RME Untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. BINA GOGIK. Volume 4. No 2. 2018.

Permendikbud Nomor 68 tahun 2013. tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indnesia.

Permendikbud Nomor 104 tahun 2014 tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Tanjung, H.S. (2018). Peningkatan kemampuan Komunikasi dan Matemati Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. MAJU. Volume 4. No 22. 2018.

Tanjung, H. S. 2018. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia, Vol. IX. No. 1, 2018

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Wijaya. A (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Wardhani, S dkk (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika DI SMP. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.