Analisis Kesulitan Belajar Dalam Masalah Kecemasan Pada Pembelajaran Matematika

Fiqie Nur Azizah, Haerudin Haerudin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII angkatan 2019/2020 di SMPN 2 Karawang Timur yang berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan wawancara untuk mengetahui tingkat kecemasan pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis dapat diambil kesimpulan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam masalah kecemasan pada pembelajaran matematika yaitu kurang menguasai konsep-konsep matematika sebelumnya, cara pembelajaran matematika yang monoton, kurangnya perhatian guru kepada peserta didik, kurangnya perhatian orang tua dan ketakutan, ketegangan serta kecemasan yang berlebihan.

Kata-kata kunci: Kesulitan Belajar, Kecemasan Pembelajaran Matematika


Full Text:

PDF

References


Nurmila, “Hubungan Antara Kecemasan Matematika Dan Kesulitan Belajar Dengan Perilaku Belajar Siswa Di SMPN 3 Tanete Riaja Kabupaten Barru”. (Skripsi Program S1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Makassar, 2016)

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Ekawati Aminah. (2015). “Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1 No 2

Martini Jamaris. Kesulitan Belajar. (Bogor; Ghalia Indonesia, 2014). h.177

Ika Wahyuni Anita. ”Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan koneksi matematika SMP”. (Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 3, No.1, Februari 2014). h.126

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Rose K. Vukovic dkk, ”Mathematics anxiety in young children: Concurrent and longitudinal associations with mathematical performance” (Contemporary Educational Psychology 2013) h.1

Budi Arief, “Pengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika” (Jurnal nasional Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2013).

Sistyaningtiyas Fitriana, “Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswi Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kayen Pati”. (Skripsi Program S1 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 2013).

Sudrajat, A. (2008). Upaya Mencegah Kecemasan Siswa di Sekolah. (Online). (https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2 008/07/01/upaya-mencegah-kecemasansiswa-di-sekolah/comment-page-1/, diakses pada tanggal 06 Juni 2017).

Hanifah, “Pengaruh Perilaku Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi”, ( Media Riset Akntansi, Auditing dan Informasi Vol 1, No.3 Desember 2001) h. 67


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.