EVALUASI PROSES DAN HASIL LMS UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL-WASHLIYAH STUDI KASUS PRODI MATEMATIKA T.A 2020/2021

Nadya Yulli Pratika, Hidayat Hidayat

Abstract


Abstrak

Tujuan ipenelitian iadalah imengevaluasi iimplementasi ipembelajaran imenggunakan iLearning iManagement iSystem i(LMS) iberbasis ipada imata ikuliah ipedidikan imatematika iyang imeliputi Apakah Learning iManagement iSystem i(LMS) Universitas Muslim Nusantara Al-Wahsliyah Dapat Memfasilitasi Pelaksanaan Evaluasi Proses Dan Hasil pada iperkuliahan ipendidikan iMatematika. Bentuk ipenelitian iyang idigunakan idalam ipenelitian iini iadalah ikualitatif idengan imetode ideskriptif ikualitatif i. iTeknik ipengumpulan idata iyang idigunakan iadalah: i1) iMetode iangket, iyaitu isejumlah ipertanyaan itertulis i iyang i idigunakan i iuntuk imemperoleh iinformasi idari iresponden, i2) iWawancara i(interview), imetode iwawancara iini idilakukan iuntuk imemperoleh idata idari idosen iPengampu iterkait idengan ikemampuan idan iaktifitas.Data iyang idikumpulkan idalam ipenelitian iini imeliputi idata iinformasi itentang ikeadaan imahasiswa idilihat idari iaspek ikualitatif i. i iDalam i ipenelitian ikualitatif idata-data idisajikan idalam ibentuk ikata i-kata iverbal, ibukan idalam ibentuk iangka. iData iyang iberupa ikata-kata itersebut imasih isangat iberagam, isehingga iharus idiolah iagar imenjadi isistematis, iringkas, idan ilogis i. Dari ipenelitian iyang itelah idilakukan idiperoleh ihasil ibahwa i1) iKemampuan imahasiswa iyang imengikuti iproses ipembelajaran imenggunakan iLearning iManagement iSystem i(LMS) itermasuk ikategori ibaik idengan irata-rata i86%. iHal iini iditunjukkan idengan ihasil ipersentase irata-rata ipenilaian iangket. i2) iDosen ipengampu isudah imampu imemanfaatkan ipembelajaran imenggunakan iLearning iManagement iSystem i(LMS), ihal iini iditunjukan ipada ihasil iwawancara. i3) iPemanfaatan iLearning iManagement iSystem i(LMS) ipada iMata iKuliah ipendidikan imatematika ibelum ioptimal, ikarena irendahnya irata-rata ipersentase iaktifitas ikomunikasi idosen idan imahasiswa iyang idilihat idari ihasil iangket, iwawancara iyang imasih irendah idengan itotal irata-rata i64%

Kata ikunci: iE-Learning, iLearning iManagement iSystem, iEvaluasi iPembelajaran


Full Text:

PDF

References


Ali, iM, iIstanto, iYatmono, iMunir i, i2011 i“Studi iPemanfaatan iE-Learning iSebagai iMedia iPembelajaran iBagi iGuru iSMA idan iSMK iDaerah iIstimewa iYogyakarta”, iLaporan iPenelitian iPusat iStudi iPendidikan idan iTeknologi iKejuruan i(Pusdi iPTK) iUniversitas iNegeri iYogyakarta, iYogyakarta

K iEileen. i(2010). iProfil iPerkembangan iAnak i: iPra iKelahiran iHingga iUsia i12 iRahun. iJakarta i:Pt. iIndeks

Anggoro, iMohammad iToha. i2001. i“Tutorial iElektronik imelalui iInternet idan iFax iInternet” idalam iJurnal iPendidikan iTerbuka idan iJarak iJauh, i iVolume i2, i iNo. i1, iMaret i2001. iTangerang: iUniversitas iTerbuka

Ayub iDkk. i2010. iLearning iManagement iSystem. iJakarta: iGema iInsani iPress.

Bates, iA. iW. i1995. iTechnology, iOpen iLearning iand iDistance iEducation i.London:Routledge

Daryanto. i(2010). iMedia iPembelajaran. iYogyakarta: iGava iMedia.

Djamarah. i2002. iStrategi iBelajar iMengajar i. iJakarta i: iPT. iRineka iCipta

Dowling, iGrahamme, i2002, iCreating iCorporate ireputations, iidentity, iImage, iand iPerformance, iLondon i: iOxford iUniversity iPress iInc i(terjemahan iwalujo idjoko iIndarto)

Eileen iT. iBender, i2001 i. iIntroduction ito iDistance iLearning i; ihttp://www.indiana.edu/~scs/dl iprime.htmlHamalik. iOemar i1986. iMedia iPendidikan. iBandung i: iPenerbit iAlumni

Hartanto, iA.A. idan iPurbo, iO.W. i2002, iTeknologi ie-Learning iBerbasis iPHP idan iMySQL, iJakarta i: iElex iMedia iKomputindo

Muhibbin iSyah. i2013, iPsikologi iPendidikan, iDengan iPendekatan iBaru, iBandung iPT iRemaja iRosdakarya iPembelajaran idi iSekolah iMalaysia i. i(8 iNovember i2002)

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Russeffendi, iE.T. i(2010). iDasar-Dasar iPenelitian iPendidikan iDan iBidang iNoneksakta iLinnya. iBandung:Tarsito.

Rosenberg. i(2011). iE-learning: istrategies ifor idelivering iknowledge iin ithe idigital iage. iUSA: ihill icompanies

Simonson iDkk.(2015). iTeaching iAnd iLearning iAt iA iDistance iFoundations iOf iDistance iEducation. iColumbus: iPearson iEducation.

Yusuf. i2011. iPerkembangan iPeserta iDidik. iBandung: iPt. iRajagrafindo iPersada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.