ANALISA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TINGKAT SMP

Ratika Ratika, Suwarno Ariswoyo, Nurdalilah Nurdalilah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Library Research yang berlokasi diperpustakaan secara online. Sumber data penelitian ini yaitu 9 jurnal atau artikel karya ilmiah yang berhubungan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data-data tentang model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Aspek pengamatan pada penelitian yang dianalisis berdasarkan peran dan kelayakan model Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Hasil penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan data penelitian yang ada. Peningkatan hasil belajar matematika siswa berdasarkan 9 penelitian terdahulu menyatakan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berperan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, terlihat dari rata-rata persentase peningkatan hasil belajar sebesar 87,42 %. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) layak digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) , Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Amri, Sofan, 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Budi, Setia, dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran TGT Dalam Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan BRSL Di SMP Negeri 2 Stabat. Seminar Nasional Matematika dan Terapan. (1):120-124 Diakses dari https://bulletin.indomsacehsumut.org/index.php/simantap/article/view/55

Devries. 1976. Teams-Games-Tournament: A Gaming Technique That Fosters Learning. Simulation Gaming 1976 7: 21. DOI: 10.1177/104687817600700102. (online) http://sag.sagepub.com/content/7/1/21.

Dimyati, & Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriana, Itanur, dll. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Activity based Learning Berbantuan Flash Card Dilengkapi KLS Pada Materi Isomer dan Reaksi Senyawa Hidrokarbon Kelas X SMA Batik Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 3 : (88-95).

Furqany, dkk. 2017. Aktivitas Belajar Matematika Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Power Point. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. 1(2):197-201.

Diakses dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/3114

Hutagalung, S. 2020. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Siswa Kelas VII Negeri 4 Siborongborong. Innovative Education Journal. 2(2):125-132.

Diakses dari https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/56

Kurniasih, Ranti. 2019. Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Turnament) pada Materi Pemfaktoran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 10(2):261-276. Diakses dari http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/3775

Lestari, dkk. 2018. Pembelajaran Koperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mathematics Education Journal. 1(3):116-126.

Diakses dari https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/2785

Lie, Anita. 2012. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Noviyana, N. (2017). Analisis kesulitan Memahami Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Metakognisi Siswa. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Permanasari, Hastin. 2015. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Destiny Board. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Muhammadiyah Syrakarta: Tidak diterbitkan.

Ramadhani, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Pembelajaran Ultpygo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 5(2):211-230.

Diakses dari http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/5480

Ramdani, Rezki. 2018. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pallangga kabupaten Gowa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(1): 35-44.

Diakses dari https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/49

Rhamadani, Dwi Windiana. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Bengkulu: tidak diterbitkan.

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slavin. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Yusron dan Zubaedi. Bandung: Nusa Media

Surani, D. (2019). Studi Literatur Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 1(2):456-469.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Yuliani Retno. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aljabar Bagi Siswa SMP. Jurnal Prakarsa Paedagogia. 2(1): 34-40. Diakses dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP/article/viewFile/4313/1968

Yunita, Alfi dkk. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(1): 23-33. Diakses dari https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n1_03


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.